Selasa, 30 Agustus 2011

Awal hari di Makkah ternyata dimulai saat fajar

Dalam kalender masehi awal hari dimulai saat tengah malam yaitu pada pukul 00.00. Dan setahu saya awal hari dalam penanggalan Islam yang berdasarkan peredaran bulan dimulai saat matahari tenggelam. 

Nah, pada saat sekarang di mana penentuan tanggal 1 Syawal 1432 H yang berdasarkan peredaran bulan, dan sudah diakui secara berabad-abad bahwa awal hari yang dipakai adalah setelah tenggelamnya matahari, seperti yang disampaikan oleh Bapak Thmas Djamaludin dari LAPAN; tiba-tiba ada pengumuman di sebuah website dengan nama www.makkahcalendar.org yang menyatakan bahwa awal hari di Makkah dimulai saat fajar, bukan saat matahari tenggelam. Nah loh??? 

Baiklah saya tuliskan teks asli dari www.makkahcalendar.org :

Important Announcement About Celebrating Aid El Fitr 1432 / 2011

In August 2011, the New Moon will be born on the 29th at 03:05, Universal Time (GMT). The local time in Makkah is then 06:05. It is important to note that the hegirian month does not begin at conjunction, i.e. when the New Moon is born. The crescent has actually to be sighted in the evening sky. According to our calendar, this sighting can either be at Makkah itself, or at any point to the west of Makkah, before the Morning Prayer in Makkah (concept of intermediate or limiting horizon). On the evening of 29th August the new moon will be invisible in Makkah itself so we have to examine visibility to the west of Makkah.

The visibility curve for 29th August shows – to the west of Makkah – a large part of South America covered with either a blue zone (naked eye visibility under good observational conditions) or a green zone (easy naked eye visibility) covering the south of Chile and of Argentina. The blue zone is so vast that good observational coniditons will certainly be achieved some part. The reader can verify this by a simple look at the visibility curve here. The new moon is invisible in Makkah to the naked eye but it is visible before fajr in Makkah at coordinates 30° South, 70° West, the horizon that we have used. This concept is all the more valid since the Islamic day starts at fajr and not at sunset (maghrib). So, according to our calendar, in MakkahRamadan will end on 29th August 2011 and the 1st of Shawwal can be celebrated on 30th August 2011.

Strictly speaking, the Makkah Calendar is applicable to Makkah Only. However, we are certain that our calendar is valid for many countries. Our visibility curves represent the condtions at local sunset at each point. The visibility curve for Shawwal shows that – on 29th August 2011 – the New Moon will be visibile with the naked eye in a large part of South America, specially south of the equator. Thus in all the countries situated in this part of the earth, the 1st of Shawwal will be on 30th August 2011 at the same time as in Makkah.

For countries to the east of Makkah, as well as for many more countries to the west of Makkah we are publishing separately a list of countries which can celebrate Aid El Fitr on 30th August 2011. This list is published together with detailed calculations which justify it. Please click here to see the list of countries where Aid El Fitr 1432 should be celebrated on August 30th 2011. 
Do remember 1st of Shawwal 1432 is on 30th August 2011 for the list of countries published on our site

Saya mencoba untuk menterjemahkannya : 

Pengumuman Penting Tentang Merayakan Ied El Fitri 1432 / 2011
Pada bulan Agustus 2011, New Moon akan lahir pada tanggal 29 pada 03:05, Universal Time (GMT). Waktu setempat di Makkah kemudian 06:05. Penting untuk dicatat bahwa bulan hegirian tidak dimulai pada hubungannya, yaitu ketika New Moon lahir. Bulan sabit telah benar-benar harus terlihat di langit malam. Menurut kalender kami, pengamatan ini dapat berada di Mekah itu sendiri, atau pada setiap titik di sebelah barat Mekah, sebelum Doa Pagi di Makkah (konsep cakrawala intermediate atau membatasi). Pada malam 29 Agustus bulan baru akan terlihat di Makkah itu sendiri sehingga kita harus memeriksa visibilitas di sebelah barat Makkah.
Kurva visibilitas untuk menunjukkan Agustus 29 - di sebelah barat Mekah - sebagian besar Amerika Selatan ditutupi dengan baik zona biru (mata telanjang di bawah kondisi visibilitas pengamatan yang baik) atau zona hijau (visibilitas mata mudah telanjang) yang meliputi bagian selatan Chili dan Argentina. Zona biru adalah begitu besar sehingga coniditons pengamatan yang baik tentunya akan tercapai beberapa bagian. Pembaca dapat memverifikasi ini dengan sederhana melihat kurva visibilitas di sini. Bulan baru tidak terlihat di Mekah dengan mata telanjang tetapi terlihat sebelum fajar di Makkah pada koordinat 30 ° Selatan, 70 ° Barat, cakrawala yang kita gunakan. Konsep ini  semua lebih berlaku sejak hari Islam dimulai pada subuh dan tidak pada saat matahari terbenam (maghrib). Jadi, menurut kalender kita, dalam Makkah Ramadan akan berakhir pada 29 Agustus 2011 dan tanggal 1 Syawal dapat dirayakan pada tanggal 30 Agustus 2011.
Sebenarnya, Kalender Makkah Hanya berlaku untuk Makkah. Namun, kami yakin bahwa kalender kami berlaku untuk banyak negara. Kurva visibilitas kami mewakili condtions saat matahari terbenam lokal pada setiap titik. Kurva visibilitas untuk menunjukkan bahwa Syawal - pada 29 Agustus 2011 - New Moon akan visibile dengan mata telanjang di sebagian besar Amerika Selatan, khususnya di selatan khatulistiwa. Jadi di semua negara yang terletak di bagian bumi, tanggal 1 Syawal akan pada 30 Agustus 2011 pada saat yang sama seperti di Makkah.
Untuk negara-negara di sebelah timur Mekkah, serta untuk banyak negara di sebelah barat Makkah kami menerbitkan secara terpisah daftar negara yang dapat merayakan Ied El Fitri pada tanggal 30 Agustus 2011. Daftar ini diterbitkan bersama-sama dengan perhitungan rinci yang membenarkan itu. Silahkan klik di sini untuk melihat daftar negara di mana Ied El Fitri 1432 harus dirayakan pada 30 Agustus 2011.
Ingat tanggal 1 Syawal 1432 pada 30 Agustus 2011 untuk daftar negara-negara yang diterbitkan di situs kami
---------------------------------------------------

Kesimpulan saya seperti yang saya tulis di sini, bahwa para astronom sedunia memastikan bahwa hilal tidak bisa dilihat, bahkan astronom di Saudi juga mengakuinya, namun pemerintahan Saudi tetap memutuskan Idul Fitri 1432 H jatuh pada tanggal 30 Agustus 2011 dengan dasar di atas, bisa dilihat ada semacam kepentingan dari pemerintah Saudi yang mempengaruhi keputusan ini. Wallahu a'lam.

Semoga penentuan 1 Syawal di Indonesia ini semata-mata karena perbedaan kriteria saja. Tidak dimuati oleh kepentingan golongan maupun politis.
Beri peringkat terjemahan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar